Selasa, 08 Juli 2014

Serba-serbi Kabupaten Tuban

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Tuban termasuk daerah pesisir karena memiliki pantai yang ada di bagian utara. Mengenai asal-usul Tuban, ada beberapa versi yang berbeda. Pertama Tuban berasal dari katawaTU tiBAN (batu yang jatuh dari langit) maksudnya batu pusaka yang dibawa sepasang burung dari Majapahit menuju Demak dan pada saat di daerah tuban pada saat itu batu tersebut jatuh dan dinamakanlah daerah itu "TUBAN". Yang kedua, dari kata meTU BANyu (keluar air) yaitu peristiwa ketika seorang kyai yang membuka hutan, seketika pembukaan hutanitu mengeluarkan air yang sangat deras, kemudian dinamakan daerah itu dari singkatan kata tadi. Kota Tuban biasanya kota Wali (bumi Wali) karena tuban salah satu daerah yang menjadi tempat penyebaran Agama Islam (Sunan Bonang).

Tuban sejatinya adalah kota yang bersih, didukung dengan memperoleh beberapa penghargaan untuk prestasinya di bidang kebersihan. setelah memperoleh penghargaan Satya Lancana Karya bhakti Praja Nugraha beberapa saat lalu, tuban kembali memperoleh penghargaan bertaraf Nasional, yaitu Anugrah Piala Adipura Kencana tahun 2014 untuk kategori kota kecil, penghargaan ini langsung diberikan oleh Wakil presiden kepada Bupati Tuban di Auditorium Istana Wapres.


Untuk kebudayaannya, Tuban masih banyak menyimpan kebudayaan dimana sudah hampir punah di daerah/kota lainnya. Sebut saja kebudayaan Sandur yang masih dipertahankan walaupun membutuhkan biaya yang banyak setiap kali pentas. Budaya ini biasanya dilangsungkan pada saat acara hajatan atau sedekah bumi. Selain itu, ada pementasan wayang juga pada saat sedekah bumi.



Di Tuban ada sebuah klenteng terbesar se-Asia Tenggara, yaitu Klenteng Kwan Sing Bio. Klenteng ini hanya ada di Tuban dan hanya klenteng yang langsung menghadap ke arah laut Utara. Walaupun Tuban sebagai kota Wali namun di sini kita dapat menumukan tempat Ibadah Agama lain yang menandakan Tuban cinta damai dan menjunjung tinggi Toleransi.


Dalam hal wisata Kota Tuban menyuguhkan banyak tempat rekreasi tentang alam, contohnya pantai, goa, pemandian air panas, dll. Tuban banyak memiliki pemandangan Goa karena tuban deretan pegunungan kapur, karena itulah Tuban juga disebut juga Kota seribu Goa. Goa yang terkenal adalah Goa Akbar dan Ptri Asih.

Untuk kerajinannya, tuban memiliki kerajinan tangan yang sangat khas, yaitu batik tulis gedog. Batik ini sudah diakui kualitasnya, keistimewaannya karena corak batik itu sendiri. Pusat pembuatannya ada di kecamatan Kerek.


Kota Tuban juga dijuluki sebagai kota Tuak, karena Tuban adalah penghasil terbesar minuman tuak yang berasal dari sari bunga pohon siwalan atau bogor yang banyak tumbuh di daerah Tuban. Ciri khas lainnya, buah dari pohon siwalan itu sendiri yang sering disebut juga "ental" yang tidak bisa ditemukan di daerah lain.


Sebenarnya masih banyak lagi ulasan tentang Kota ini, namun lebih menarik lagi apabila kalian mengeksplor sendiri kota kecil yang ada di pantura ini. Sekian dan terimakasih atas kunjungan kalian di blog ini. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar