Rabu, 09 Juli 2014

Perkembangan Teknologi



Tidak dipungkiri lagi bahwa pada zaman sekarang ini kita sangat bergantung pada teknologi. Banyak dari kita yang tidak dapat melalukan perkerjaan tanpa adanya teknologi. Contohnya pekerja kantoran yang sangat membutuhkan komputer untuk membantu mereka menulis data, kemudian para Polisi membutuhkan HT untuk saling berhubungan mengenai informasi keadaan di jalan raya.




Kita sebagai pengguna umumnya hanya memakai tanpa pernah berpikir mengenai bagaimana teknologi ini berkembang dengan pesatnya. Salah satu penyebab pesatnya perkembangan teknologi ini karena semakin banyak pekerjaan yang membutuhkan teknologi yang dapat mempermudah pekerjaannya. Semakin kompleks apa yang kita inginkan, semakin mendukung juga pesatnya perkembangan teknologi itu.




Sebagai contoh adalah perkembangan komputer, komputer dulunya hanya ada di kantor dapat menjadi barang yang biasa saja di masa sekarang ini. Padahal saat awal terciptanya komputer, memakan sangat banyak biaya untuk membuatnya, mustahil bila komputer ada di rumah-rumah. Komputer pertamakali diciptakan pada tahun 1942 oleh ilmuan Amerika bernama Dr. John V. Atanasoff yg diberi nama Atanasoff-Berry Computer atau disingkat ABC. Semakin lama semakin berkembang menjadi komputer jinjing (leptop) seperti sekarang ini.




Kemudian satu contoh lagi yaitu Handphone (HP), dari zaman ke zaman perubahan bentuk dan fungsinya semakin bermacam-macam. Dulu Hp hanya digunakan untuk komunukasi dengan keluarga yang jauh, namun sekarang fungsinya semakin beragam didukung dengan terciptannya smartphone yang fungsinya mendekati komputer. Dengan smartphone orang lebih mudah melakukan sesuatu, seperti berfoto, mengakses internet, mengerjakan tugas, hingga melihat film hanya dengan HP.

Sungguh efek perkembangan yang bermanfaat bagi kehidupan kita, namun semuanya akan berakibat buruk bila hanya bergantung pada teknologi tanpa berusaha. Dan tidak ada salahnya bila kita ikut serta mendukung perkembangan teknologi yang pesat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar