Selasa, 08 Juli 2014

Program Studi Pendidikan Dokter UMM


Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas yang ada d UMM. Fakultas ini berdiri pada 25 september 2001 dan pada tahun 2012 FK UMM berstatus Aakreditasi B. FK UMM bertempat di jalan Bendungan Sutami 188 A, Malang. Peminat FK di UMM semakin tahun semakin meningkat dan fakultas yang paling tinggi peminatnya. Program Studi dalam fakultas kedokteran ini adalah Pendidikan Dokter. Program Studi ini didirikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat atas fasilitas pelayanan kesehatan yang belum merata di Indonesia. Karena pemenuh tuntutan masyarakat dan sangat dibutuhkan maka peminat Kedokteran sangat tinggi. Maka dari itu Jurusan ini di UMM menjadi Jurusan favorit para calon mahasiswa-mahasiswi.

Di UMM Program Studi Pendidikan Dokter didik dan dibina dengan dua tahap program, yakni Tahap Program Akademik dan Tahap Program Keprofesian. Tahap Program Akademik bertujuan mendidik mahasiswa melalui proses belajar mengajar dalam membentuk intregrasi dari semua bidang dalam pendekatan Problem Based Learning dan Research Based Learning yang dijabarkan dalam bentuk diskusi tutorial, praktikum dan skill lab. Sedangkan tujuan Tahap Program Keprofesian merupakan satu-kesatuan proses belajar mengajar dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar lapangan yang menggunakan bentuk dan beberapa tingkat tatanan pelayanan kesehatan nyatayang penuh persyaratan pendidikan sebagai lahan Praktek. Semua itu sesuai dengan kurikulum dan standar kompetensi Dokter Indonesia.

Kedokteran merupakan ilmu yang mempelajari tentang dan cara-cara penyembuhan. Ilmu kedokteran adalah suatu cabang Penyakit Ilmu Kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia dalam keadaan sehat dengan pengobatan pada penyakit dan cedera. Sedangkan Pendidikan Dokter adalah proses diterapkan ke masyarakat. Mahasiswa jurusan ini harus menempuh waktu selama 3,5 tahun untuk mendapatkan gelar Strata-1 (S.Ked). Untuk menjadi Dokter, mahasiswa harus mengikuti Pendidikan profesi dokter selama 1,5 tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar