Senin, 07 Juli 2014

Pencegahan Munculnya Jerawat

Assalamualaikum…..
Pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “jerawat”. Jerawat adalah suatu penyakit yang terjadi karena pori-pori kulit tersumbat, sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Hampir semua ABG, remaja, maupun orang dewasa pernah mengalami timbulnya jerawat. Jerawat biasanya muncul di bagian wajah, leher, lengan, maupun punggung. Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, yaitu :
1. Produksi minyak yang berlebih
2. Penyumbatan pori akibat pemakaian kosmetik
3. Kulit yang kotor bersama tumpukan bakteri
4. Gaya hidup stress
5. Kurang tidur


Jerawat akan membuat kurangnya percaya diri seseorang, apalagi jika jerawat itu muncul di permukaan wajah. Untuk mengatasinya ada beberapa cara menghilangkan jerawat tersebut, yaitu :
1. Perbanyak minum air putih
2. Makan makanan sehat (buah dan sayur)
3. Tidur yang cukup
4.  Hindari mengkonsumsi yang mengandung kafein, coklat, serta makanan berminyak
5.  Biasakan mencuci wajah 2x sehari
6.  Menyesuaikan kosmetik dengan jenis wajah
7.  Hindari kosmetik yang berminyak
8.  Mengkondisikan wajah selalu kering
9. Pastikan wajah bersih sebelum tidur
Adapun cara menghilangkan jerawat secara alami, misalnya :
* Menggunakan lidah buaya, ambil lidah buaya bersihkan dan kupas kulitnya. Ambil gel lidah buaya dan ratakan ke daerah yang timbul jerawat lalu biarkan beberapa menit sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut bersih dengan cara ditepuk-tepuk.
* Dengan Jeruk nipis, campurkan jus/perasan jeruk dengan air mawar kemudian oleskan di daerah jerawat, biarkan kira-kira 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat.
* Dengan Putih Telur, pertama pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya. Kocok dan oleskan ke daerah yg memicu timbulnya jerawat kemudian diamkan selama 15 menit. Kemudian bersihkan.
* Bisa juga dengan Pasta Gigi, tinggal oleskan pasta gigi ke jerawat dan di sekitarnya sebelum tidur. Kemudian Biarkan sampai pagi hari.
* Dengan tomat, tomat dibelah jadi dua, kemudian di usap-usapkan kewajah yangb berjerawat. diamkan sampai 1 jam kemudian bilas sampai bersih.
* Dengan Bawang Putih, tumbuk atau diiris bawang putih tadi, kemudian usapkan pada wajah yang berjerawat, tunggu hingga beberapa menit dan bilas sampai bersih.
Itulah beberapa cara mencegah timbulnya jerawat. Sebelum munculnya jerawat yang mengurangi percaya diri anda, alangkah baik bila kita mencegahnya. Bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati ??? jaga kebersihan dan tingkatkan percaya diri anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar